Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya dan Bahan Kimia yang Terkandung di Dalamnya

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya - Wanita Pakai Make up
Sumber: Herworld.com

Khawatir produk kecantikan yang kamu pakai tidak aman? Sebelum terlambat, ketahuilah ciri-ciri kosmetik berbahaya yang akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini. Selain ciri-ciri, kamu juga akan mendapatkan informasi lengkap mengenai apa saja bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit dan cara menetralisir kulit setelah memakai produk yang tak aman.

Sebagian besar wanita memakai kosmetik tertentu untuk mempercantik wajah mereka. Sayanganya, tak semua produk yang mengandung bahan kimia tersebut aman bagi kulit. Jika tak mengetahui apa saja ciri-ciri kosmetik berbahaya, bisa-bisa kamu salah memilih produk yang tak aman bagi kesehatan kulitmu.

Untuk itu, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui informasi lengkap tentang ciri-ciri kosmetik berbahaya!

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya - Macam-Macam Kosmetik
Sumber: Evoke.ie

Meski tak memahami apakah kandungan zat kimia dalam kosmetik berbahaya atau tidak, sebetulnya kamu dapat mengenalinya melalui ciri-cirinya, seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Tak Ada Izin BPOM

Sebelum membeli produk perawatan, cobalah teliti dahulu apakah sudah tertera izin BPOM atau belum. Jika tidak ada, lebih baik kamu mencari alternatif produk lain yang telah berizin. Karena izin edar tersebut menandakan bahwa kosmetik yang kamu pakai aman digunakan.

2. Mengeluarkan Aroma Menyengat

Ciri-ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM lainnya yaitu produk itu mengandung bahan berbahaya, misalnya merkuri dan hidrokinon. Biasanya, produk tersebut juga memiliki aroma yang lebih menyengat. Kandungan logam berbahaya pada produk itu masih meninggalkan bau khas meski sudah ditutupi dengan bahan pewangi tertentu.

3. Iming-Iming Kulit Putih dan Cerah dalam Waktu Singkat

Kulit paling tidak membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk melakukan regenerasi dari sel kulit lama menuju sel kulit baru. Sementara itu, produk kecantikan yang mengandung merkuri dan hidrokinon biasanya mampu membuat kulit menjadi lebih putih dalam kurun waktu 1-2 minggu.

4. Berwarna Mengkilap, Sulit Meresap, dan Bertekstur Kental

Umumnya, kosmetik berbahaya warnanya agak kekuningan dan mengkilap. Produk tersebut juga cenderung bertekstur kental dan sulit meresap ke dalam kulit. Salah satu cara untuk mengetes apakah kosmetik tersebut berbahaya adalah dengan mengoleskan krim itu di tangan. Lalu, amatilah apakah mudah meresap atau sebaliknya.

Bahan-Bahan Kimia pada Kosmetik Berbahaya

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya - Wanita dan Make up
Sumber: Evoke.ie

Selain mengenali ciri-ciri kosmetik palsu dan berbahaya, alangkah baiknya kamu juga mengetahui bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), masih banyak produk kecantikan berbahan kimia berbahaya yang mereka temukan di pasaran. Berikut zat-zat kimia dalam kosmetik yang patut kamu waspadai.

1. Hidrokinon

Zat berbahaya ini biasanya terdapat dalam krim pemutih kulit. Hidrokinon menghambat pembentukan zat pigmen kulit yang mampu membuat kulit lebih cerah dalam waktu singkat. Penggunaan berlebihan kosmetik yang mengandung zat ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan DNA kulit.

2. Merkuri

Merkuri merupakan logam berat berbahaya yang mengandung racun. Biasanya bahan ini terdapat pada losion atau krim pemutih kulit. Pemakaian zat ini pada kosmetik dapat menimbulkan iritasi kulit, bitnik-bintik hitam, alergi, gangguan perkembangan janin, mempengaruhi fungsi ginjal, menyebabkan kerusakan susunan saraf otak, hingga memicu kanker.

3. Timbal

Bahan ini sangat dilarang dalam dunia kecantikan. Penggunaan produk yang mengandung timbal berlebihan dapat menurunkan fungsi ginjal, mengganggu sistem saraf pusat, meningkatkan tekanan darah, dan menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

4. Resorsinol

Resorsinol digunakan dalam produk kecantikan berupa krim anti jerawat yang berfungsi sebagai antipuritik. Bahaya yang ditimbulkan zat ini meliputi terganggunya sistem imun, iritasi kulit, gangguan saluran pernafasan, mempengaruhi denyut jantung, menimbulkan kegelisahan, dan sakit kepala parah.

5. Petrolatum

Zat ini umumnya terkadung dalam produk kecantikan, seperti pelembab, lipstik, dan lip balm yang mampu membuat kulit menjadi lebih lembab. Penggunaan petrolatum yang telah tekontaminasi dengan polycylic aromatic hydrocarbons dapat memicu tumbuhnya kanker.

6. Zat Pewarna

Banyak produk kosmetik mengandung zat pewarna, semisal lipstik dan perona pipi. Bahan pewarna tersebut biasanya dipakai dalam pembuatan tekstil, kertas, dan tinta. Pemakaian berlebihan zat seperti Rhodamin B dapat menyebabkan kanker dan kerusakan hati.

Cara Menetralisir Kulit Setelah Memakai Kosmetik Berbahaya

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya - Wanita Memakai Masker
Sumber: Fashionlady.in

Mungkin kamu sebelumnya tak menyadari jika kosmetik yang kamu pakai ternyata mengandung bahan kimia berbahaya. Kamu pun terlanjur memakainya dalam waktu cukup lama. Untuk menetralisirnya, ikutilah langkah-langkah di bawah ini agar kulitmu sehat kembali.

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mulailah biasakan dirimu mengkonsumsi buah dan sayur mentah setiap hari. Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam dua jenis makanan itu mampu menetralisir kulitmu dari penggunaan kosmetik berbahan merkuri.

Membersihkan dengan Irisan Jeruk Nipis

Selain menyehatkan kulit, vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis atau lemon berfungsi sebagai pembersih alami kosmetik yang mengandung zat adiktif atau bahan berbahaya lainnya. Belahlah jeruk nipis lalu olesakn pada kulit wajahmu secara perlahan. Lakukan secara rutin minimal dua kali seminggu.

3. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang membantu melarutkan merkuri lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Selain itu, zat selenium dalam bawang putih mampu mengikat merkuri dalam jaringan tubuh. Konsumsilah bawang putih mentah, mencampurkannya dalam masakan, atau minum pil bawang putih yang dijual di pasaran.

Rutin Memakai Masker Buah-Buahan

Memakai masker buah secara rutin mampu menutrisi kulitmu serta membantu regenerasi sel-sel kulit mati. Pilihan buah yang dapat kamu jadikan masker di antaranya apel, lidah buaya, tomat, pisang, dan mentimun.

Meminum Jus Daun Ketumbar

Mungkin daun ini masih asing di telingamu. Daun ketumbar atau cilantro efektif membuang zat merkuri dalam tubuh. Minumlah jus daun ketumbar secara rutin atau kamu dapat mencampurkannya dalam makanan dan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

Sudah Tahu Kan Apa Saja Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya dan Cara Mengatasinya?

Semoga kamu lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan setelah mengetahui ciri-ciri kosmetik berbahaya dan kandungan zat di dalamnya. Namun jika sudah terlanjur memakainya, cobalah menetralisir kulitmu kembali dengan mengikuti beberapa tips di atas.

(Visited 45 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*